Tips Memilih Harga Beras 5kg Berkualitas Untuk Keluarga - Vnikolaeve.Info Berita Tekno

Jumat, 16 Oktober 2020

Tips Memilih Harga Beras 5kg Berkualitas Untuk Keluarga




Harga Beras 5kg dengan harga murah memang selalu menjadi incaran para ibu-ibu. Namun, sekarang Anda tak boleh mudah tergiur dengan harga murah lagi karena harga pasti juga berpengaruh pada kualitasnya, apalagi jika harga murahnya sudah tak masuk di akal. Harga murah ini bisa disebabkan karena kualitas berasnya yang memang sudah buruk atau karena berasnya dicampur dengan bahan kimia. Nah, meremas beras adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kualitasnya. Saat memeras beras, lihat apakah ada banyak beras yang menempel di tangan Anda. Jika memang banyak yang menempel, kemungkinan beras tersebut menggunakan zat pelicin jadi Anda harus benar-benar teliti. Selanjutnya cium aroma berasnya, pastikan bahwa aroma beras tersebut wangi, tidak apek atau memiliki aroma zat kimia. Namun, saat ini juga sudah banyak beras wangi yang menggunakan pewangi, jadi Anda pun harus ekstra hari-hati.

 

“Mau beli beras apa?” Mungkin merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh penjual beras di pasar atau warung sembako pada umumnya. Beras merupakan salah satu bahan pokok yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Kalau aku biasa makan beras rojolele, karena harga beras rojolele 5 kg lumayan terjangkau.

 

Bukan cuma sekedar butirannya yang mungil, akan tetapi tiap jenis beras memiliki tekstur, rasa, sifat, aroma, dan harga yang berbeda. Sebaiknya kamu sebelum membeli beras di supplier beras ada baiknya kenali berbagai jenis beras.

 

Beragamnya jenis beras dapat dilihat dari ciri fisiknya. Ada yang lonjong panjang, bulat, berwarna putih, merah, kekuningan, hingga hitam. Dari berbagai macam jenis beras tersebut, setidaknya ada 3 jenis beras yang paling sering digunakan di Indonesia, yaitu beras Pandan Wangi, Rojolele, dan Setra Ramos.

 

Lalu, apa yang membedakan ketiga beras tersebut? Berikut telah kami kumpulkan informasi mengenai perbedaan beras Pandan Wangi, Rojolele, dan Setra Ramos:

 

  • Beras Pandan Wangi

Dari berbagai jenis beras yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, beras Pandan Wangi merupakan varian beras yang paling sering dibeli masyarakat Indonesia. Alasannya karena aromanya yang wangi sehingga disukai banyak orang. Aromanya yang wangi yang mengingatkan pada aroma pandan inilah yang akhirnya membuat beras ini namakan Pandan Wangi. Aroma tersebut sangat terasa ketika beras sudah dimasak menjadi nasi.

 

Secara fisik, beras Pandan Wangi berukuran agak kecil dan memiliki bentuk yang agak bulat dengan warna agak kekuningan. Maka dari itu, jika Teman menemukan beras yang bentuknya tidak bulat (lonjong), dan warnanya putih, namun  punya aroma pandan, cobalah teliti secara seksama karena bisa jadi itu bukan beras Pandan Wangi. Hal ini karena ciri-cirinya yang berbeda dari Beras Pandan Wangi, Jangan sampai membeli beras yang salah.

 

  • Beras Rojolele

Beras Rojolele mirip dengan beras Pandan Wangi, beras ini juga memiliki aroma harum yang membuat orang semakin ingin mencoba. Bentuk beras ini juga bulat, namun jika dilihat dengan seksama ada bagian yang berwarna putih yang bisa ditemukan juga pada beras Rojolele. Beras Rojolele setelah dimasak, tekstur beras ini akan terasa sangat lembut.

 

Beras Rojolele ini banyak tumbuh di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga memiliki nama lain yaitu Beras Munjul. Harga beras rojolele memang lumayan mahal dibandingkan beberapa jenis beras lain karena cukup susah panennya  dan tidak bisa disimpan begitu lama.

 

  • Beras Setra Ramos

Beras Setra Ramos dengan nama julukan lain yaitu beras IR 64. Beras ini cukup sering ditemukan dan digunakan di Indonesia karena harganya yang relatif terjangkau, terutama ketika dibandingkan dengan beras jenis lain.

Secara fisiknya beras Setra Ramos ini berbentuk agak panjang dan teksturnya pulen setelah menjadi nasi. Keawetannya cukup lama, namun sayangnya setelah dimasak menjadi, beras ini akan lebih cepat basi. Berbeda dengan beras Pandan Wangi dan beras Rojolele, beras Setra Ramos tidak memiliki aroma khas apapun.




Demikianlah review singkat berbagai macam beras yang ada di Indonesia. Kamu biasa makan beras apa? saya rekomendasikan kamu membeli beras rojolele, karena harga beras rojolele 5 kg lumayan terjangkau. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda